Mbak Sa’diyah sedang mempersiapakn perlengkapan permainan seru berikutnya

Kamis, 20 Januari 2022 murid-murid MTs NU ITB melakukan pembelajaran di luar kelas. Kegiatan ini dipanitiai oleh murid kelas 9 sebagai pengganti kegiatan Classmeeting akhir semester gasal kemarin yang terpaksa ditiadakan. Seperti biasa, kegiatan pembelajaran dimulai dengan berdoa bersama di halaman madrasah kemudian di lanjutkan sholat dhuha dan Yasinan di pondok thoriqoh.

Sebelum kegiatan pembelajaran di luar kelas dimulai, murid-murid terlebih dahulu berganti pakaian santai agar lebih nyaman.

Peserta dibagi menjadi beberapa regu yang beranggotakan sekitar 8 murid kelas VII dan VIII. Adapu murid kelas IX menjadi panitia. Penamaan regu seperti penamaan regu pramuka Penggalang, regu putri menggunakan nama bunga seperti Mawar, Melati, dan Sepatu, sedangkan regu putra menggunakan nama binatang sepeti kancil, harimau dan Garuda.

Empat ketua regu bersama anggotanya sedang menikmati cuaca yang cerah menunggu berbagai permainan seru

Kegiatan pertama adalah adu cepat menjawab pertanyaan pengetahuan umum seperti “Siapakah Presiden Indonesia yang berasal dari Luar Jawa?” dan pertanyaan logika yang lucu-lucu seperti “Kita kalau mandai biar …… )”. Pertanyaan logika ini dapat membawa peserta ke suasana santai dan tidak tegang dalam berfikir.

Regu yang berhasil menjawab pertanyaan dipersilahkan laporan ke kakak-kakak panitia untuk diberangkatkan menuju pos permainan berikutnya.

Kegiatan “bersenang-senang” di luar kelas ini dibimbing dan dipantau oleh pak M. Asror, S.H.I, guru mata pelajaran Fikih dan guru pembina kegiatan kesiswaan. Semoga pembelajaran di luar kelas ini dapat menyegarkan kembali semangat murid-murid MTs NU ITB sehingga lebih semangat dalam pembelajaran berikutnya.

Sambil memantau dan menunggu murid-murid pembelajaran di luar kelas, dewan guru melengkapi peralatan madrasah yang perlu ditambah pada musim penghujan seperti keset lantai dan payung, memperbaiki beberapa genting atap ruang dan teras kelas yang bocor serta memotong pohon dan merapikan beberapa bunga di halaman madrasah.

Kegiatan pembelajaran di luar kelas selesai sebelum adzan Dhuhur berkumandang. Alhamdulillah, cuaca pada hari itu cukup cerah sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Seusai pembelajaran di luar kelas, murid-murid membersihkan diri dengan mengguyur badannya dengan air di kulah madrasah. Byar-byur suara air diguyurkan ke badan ramai terdengar diselingi suara tawa gembira para peserta. Alhamdulillah.[]

Mbak Umroh dan Mbak Aisy sedang asyik membacakan pertanyaan.
Mas Bashori menerima laporan regu yang sudah berhasil menjawab pertanyaan pada POS pertama